Selasa, 18 Juni 2013

Ciri Wanita Sholehah (1)



Busana Muslim

Memiliki pasangan atau istri sholehah adalah idaman bagi setiap pria yang masih bujang. Jangankan mereka yang terkategori sebagai lelaki sholeh, bahkan lelaki yang ‘tidak sholeh’ pun mendambakan istri yang sholehah. Minimal mengenakan busana muslim yang menutup aurat sebagai tanda keimanannya.

Untuk mendeteksi siapa yang terkategori sholehah, ciri-cirinya mudah untuk dikenali. Pertama, ia menjaga ketaatannya pada Allah SWT melalui ibadah-ibadah wajib. Ini adalah indikator paling minimal seorang wanita terkategori kelompok yang sholehah. Jika ibadah wajibnya saja masih bolong-bolong, tentu derajat ketakwaannya perlu dipertanyakan.

Kedua, wanita sholehah adalah mereka yang menjaga hijab atau aurat tubuhnya kecuali pada yang mahram. Mengenakan busana muslim yang memenuhi syar’i alias menutupi dada. Tidak mengumbar kecantikan dan kemolekan tubuhnya serampangan hingga menarik mata orang-orang yang punya penyakit di hatinya.

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59)

Ketiga,  setelah mengenakan busana muslim yang menutupi auratnya, ciri lainnya adalah enggan berkhalwat atau berduaan dengan yang bukan mahramnya. 

“Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya” (HR Ahmad)

Menjauhi potensi bersama lelaki yang bukan mahramnya adalah ciri khas seorang wanita sholehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar