Selasa, 25 Juni 2013

Membentuk Keluarga Sakinah



Dalam setiap doa kita kepada pengantin baru, kita selalu berharap bahwa keluarga yang terbentuk ini nantinya akan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Sebagian masyarakat menafsirkannya sebagai keluarga yang harmonis, rukun dan akur. Padahal makna sesungguhnya jauh lebih mulia daripada itu. Dalam bahasa Arab, sakinah mengandung arti ketenangan, terhormat, perlindungan, kasih sayang, memperoleh pembelaan dan aman. Penggunaan kata ’sakinah’ merujuk pada Al Qur’an surah ke 30 ayat 21, yaitu Allah menciptakan perjodohan bagi manusia agar satu sama lain merasa tenteram. Jadi sakinah di sini adalah ketenteraman.

Bagaimana dengan kata ’mawaddah wa rahmah’? Mawaddah berarti menggebu-gebu, cinta membara, dan nafsu terhadap lawan jenis. Sifatnya lebih kepada material seperti kecantikan, ketampanan, bentuk tubuh, harta benda dan lainnya. Kata ’mawaddah’ ini sama artinya dengan kata ’mahabbah’ yang artinya cinta. Sedangkan kata Rahmah berarti ampunan Allah, anugerah, kasih sayang, rezeki. Sifatnya lebih kepada suasana batin.

Jadi sakinah mawaddah wa rahmah berarti keluarga yang membuat hati tenteram dan digerakkan oleh rasa cinta yang besar yang dianugerahi Allah SWT melalui sepasang suami istri. Ini adalah cita-cita setiap muslim yang ingin atau telah berkeluarga. Tidaklah ini tercapai kecuali karena dibentuk oleh suami yang sholeh dan istri yang sholehah. Menciptakan keluarga seperti ini tidak sederhana, namun bukanlah pekerjaan yang mustahil. Dimulai dari bagaimana seseorang itu memilih jodohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar