Rabu, 19 Juni 2013

Ciri Wanita Sholehah (2)



Busana Muslim

Karakteristik seorang wanita muslimah lainnya adalah ia berpakaian tidak menyerupai laki-laki. Tidak berambut cepak, memakai celana pendek, atau perilaku-perilaku lain yang biasanya melekat pada sosok laki-laki. Busana muslim yang ia kenakan pun bukan  kemeja koko meski secara penampilan ia merasa cocok, namun lebih disesuaikan dengan jenis kelaminnya seperti blus atau rok panjang.

Rasulullah saw bersabda: “Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki”

Ciri wanita sholehah lainnya adalah kemampuannya menjaga pandangan. Sebagaimana aurat yang tidak diumbar, ia pun memelihara diri dari pandangan yang buruk atau yang bisa menimbulkan syahwat. Matanya terpelihara dari penglihatan-penglihatan yang merusak hati.

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nur: 31)

Sifat lain yang melekat pada diri seorang wanita sholehah adalah menjauhi hal-hal yang tidak penting atau sia-sia. Contohnya menggunjing orang, menonton gosip, atau lainnya. Apalagi kalau berkumpul dengan tetangga, biasanya potensi untuk menceritakan aib orang lain sangat terbuka lebar. Namun tentu saja tidak berlaku buat wanita sholehah.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat:12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar