Kamis, 11 Juli 2013

Tips Merawat Busana Muslim



Merawat busana muslim membutuhkan teknik khusus agar tidak mudah rusak dan tetap awet dalam jangka panjang.  Pencucian, penjemuran dan penyeterikaan tidak bisa diberlakukan di semua jenis busana, karena masing-masing memiliki bahan dasar yang berbeda-beda. Jika pencucian bahan A diterapkan di bahan B, bisa-bisa malah akan merusak bahan B karena tidak sesuai dengan sifat bahannya. Karena itu dibutuhkan kehati-hatian dalam perawatan bahan busana agar tidak merusak dan memiliki kualitas jangka panjang.

Untuk kain berbahan sutra, lebih baik dicuci dengan tangan ketimbang mesin cuci. Semakin jarang dicuci semakin bagus karena mengurangi potensi kain yang rusak. Gunakan juga deterjen lembut atau shampo. Hindari merendam pakaian berbahan sutra dalam waktu yang lama, dan sebaliknya harus segera dicuci. Untuk mengeringkannya, disarankan di bawah naungan bayangan ketimbang sinar matahari langsung.

Untuk busana muslim berbahan katun, bisa dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci. Menggunakan air dingin bisa membuat warna kain bertahan lebih lama ketimbang air hangat. Penggunaan pemutih juga bisa diterapkan pada katun, hanya janga terlalu sering karena bisa merusak serat kain. Karena bahan ini mudah kusut, kain katun jadi lebih sering disetrika. Dan agar memudahkannya bisa menggunakan pelicin pakaian. Simpanlah busana berbahan katun di tempat yang tidak lembab sehingga warna tidak pudar dan bahan tidak rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar