Rabu, 03 Juli 2013

Memilih Busana Muslim Kasual



Dalam memilih busana muslim kasual, perlu diperhatikan dari sisi kepraktisannya, termasuk cocok dengan situasi non formal apapun seperti kuliah, jalan-jalan, hang out dan sebagainya. Untuk dapat menemukan dan mencocokkan busana kasual yang sesuai kebutuhan, perlu diperhatikan misalnya tempat yang akan dihadiri. Meski bukan sedang menghadiri acara resmi, namun bukan berarti pakaian yang dikenakan pun asal-asalan sehingga menyampingkan sopan santun dalam masyarakat. Walau yang dikenakan adalah busana muslim, tidak berarti pemilihan warna dan cara berpakaiannya sudah pasti tidak bertentangan dengan norma. Dibutuhkan kehati-hatian dalam hal ini.

Setelah memperhatikan tempatnya, perhatikan juga waktu atau momentumnya. Jika sedang jalan-jalan di mal, tentu aneh kalau mengenakan corak yang glamor seperti akan pergi ke pesta. Dan kalau sedang kuliah, kurang pas juga apabila mengenakan busana kasual yang ketat bercorak menyolok meski dibalut jilbab. Selain menunjukan rendahnya tata krama dalam mencari ilmu, hal ini menunjukkan bahwa wanita tersebut tidak mengerti cara berpakaian yang sopan.

Dan hati-hati juga dalam mengenakan sepatu. Berbusana muslim tidaklah sempit artinya hanya pada jilbab dan aurat saja, melainkan juga keserasian dalam berpakaian. Sepatu adalah salah satu indikatornya. Mengenakan sepatu hak tinggi untuk acara santai jelas tidak sesuai dengan tujuan berpakaian dan membuat si pemakai merasa tidak nyaman karena biasanya kegiatan santai membutuhkan mobilitas yang lebih tinggi dibanding acara formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar