Jumat, 05 Juli 2013

Busana Muslim dan Bentuk Tubuh (1)



Memakai busana yang cocok dengan bentuk tubuh bisa membuat pemakainya terlihat lebih proporsional dan ’sedap dipandang’. Kesalahan dalam memilih busana, baik dari modelnya, warnanya, motifnya hingga padanannya bisa membuat penampilan seseorang terlihat tidak seimbang dan bahkan malah memberi kesan yang salah dari orang lain yang memandang. Bisa jadi yang kurus akan terlihat lebih kurus atau yang gemuk akan semakin gempal. Ini disebabkan kekeliruan dalam memilih busana yang dikenakan.

Bagaimana busana yang cocok untuk tubuh kurus? Disarankan memilih busana muslim yang berpotongan dan dilengkapi detail pada pinggang. Contohnya gamis dan abaya. Kalau ingin menambah dengan terusan yang panjang, busana model ’two-pieces’ juga bisa dijadikan alternatif. Pilihlah atasan yang memiliki detail atau bawahan yang potongannya longgar. Dan hindari menggunakan busana yang ketat karena hanya akan mempertegas bentuk tubuh yang kurus. Meski demikian, tidak berarti orang kurus harus menggunakan busana yang longgar/gombrang karena malah nantinya membuat tubuh seperti ’tak berbentuk’.

Untuk yang bentuknya seperti jam pasir, busana muslim yang memiliki detail pada pinggang juga sangat cocok sebagaimana mereka yang bertubuh kurus. Bisa juga dengan menggunakan rok maxi berpotongan high waist yang dipadukan bersama kaus pas badan berlengan panjang, persis seperti gaya busana tahun 50an. Hindari busana muslim yang terbuat dari bahan tebal dan berat seperti rajut karena efeknya akan menambah tubuh terlihat lebih ’berbobot’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar