Jumat, 31 Mei 2013

Emas Bukan Busana Muslim


Busana Muslim Anak

Meski emas diperbolehkan dipakai oleh wanita, namun emas tidak termasuk bagian dari busanamuslim. Emas adalah perhiasan dan bukan pakaian. Memakai emas bukan sesuatu yang dilarang oleh agama untuk perempuan, tapi jelas tidak diperbolehkan untuk kaum pria sebagaimana menggunakan bahan sutra.

Hadist Rasulullah saw yang melarang Ali bin Abi Thalib memakai cincin emas dalam artikel sebelumnya adalah dalilnya. Mengapa pria tidak boleh menggunakan perhiasan emas tentu ada penjelasan tersendiri. Secara umum, perhiasan identik dengan wanita dan pria dilarang keras untuk meniru wanita, demikian juga sebaliknya. Wanita muslimah pun dilarang meniru pakaian yang dipakai oleh wanita kafir, sebagaimana pria muslim dianjurkan tidak memelihara kumis sebagaimana kaum Yahudi.

Ada penelitian mengapa emas tidak diperbolehkan dipakai oleh laki-laki. Emas memiliki zat berbahaya yang sangat kecil, yang ukurannya bukan lagi milimeter namun mikromilimeter. Tentu butuh mirkoskop dengan pembesaran yang berlipat-lipat kali untuk bisa mendeteksi zat tersebut. Dan apabila zat ini masuk dalam sel-sel darah merah, efeknya adalah akan terjadi kerusakan pada bagian-bagian dari tubuh manusia, seperti sel dan jaringan syaraf. Itulah sebabnya mengapa emas tidak boleh dipakai oleh pria karena bisa mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Lalu mengapa diperbolehkan untuk wanita? Karena wanita setiap bulan ada siklus menstruasi, dimana darah-darah kotor, termasuk darah yang telah terkontaminasi oleh zat berbahaya dari emas tersebut, ikut terbuang. Subhanallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar