Jumat, 31 Mei 2013

Dalil-Dalil dalam Berpakaian


Busana Muslim Wanita

Dalam beragama tentunya harus mengikut aturan yang telah ditetapkan oleh kitab suci, termasuk juga dalam berpakaian. Busanamuslim yang selama ini dipakai oleh wanita dan pria tentu harus memiliki dasar-dasarnya, salah satunya adalah ayat suci Al Qur’an. Di antara ayat-ayat tersebut adalah:

Hai, anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagaian dari tanda-tanda Kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS Al A’raf : 26)

Hai para Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al Ahzab : 29)

Dari dua ayat di atas, kita mendapatkan petunjuk dalam mengenakan busana muslim, yaitu mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh. Selain itu tujuan untuk berpakaian adalah menutup aurat dan perhiasan. Banyak wanita atau pria yang berpakaian tapi seperti seolah-olah seperti telanjang. Mereka adalah tipe orang yang, menurut hadist Rasulullah saw, tidak akan mencium bau surga. Padahal agama jelas-jelas memerintahkan kita untuk menutup aurat. Bisa kita bayangkan apabila perintah tutup aurat ini tidak ada dalam Al Qur’an, betapa banyaknya kerusakan moral yang terjadi di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar